Berwisata ke Pulau Bangka

December 16, 2009 Yulixiuli

Berwisata ke pulau penghasil timah terbesar di dunia itu memang menyenangkan. Jarak terbang dari Jakarta hanya butuh waktu 50 menit. Jumlah pesawat yang ke Jakarta-Bangka juga banyak setiap harinya. Sementara lokasi wisata yang jadi objek kunjungan semuanya menarik. Makanan bergizi juga mudah diperoleh dengan harga relatif murah. Begitu pula cenderamata khas Bangka, banyak dijual di toko-toko.

Rata-rata objek wisata yang banyak dikunjungi pelancong jika berkunjung ke Bangka adalah mendatangi objek wisata pantai di kawasan Teluk Bangka, dekat Kota Sungailiat. Letaknya sekitar 40 km dari Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang. Dengan menggunakan beragam jenis kendaraan yang bisa disewa di Bandara Depati Amir, pantai-pantai yang menarik di Sungailiat antara lain Pantai Matras, Pantai Batu Bedaun, Pantai Teluk Uber, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tikus, Pantai Air Anyir, dan Pantai Penyusuk. “Dari sejumlah pantai itu, Pantai Parai Tenggiri yang paling banyak menyedot pengunjung. Seperti halnya pantai-pantai lainnya, yaitu Matras dan Penyusuk, Pantai Parai Tenggiri cukup landai. Pasirnya putih, air lautnya hujau. Kalau sekarang Pantai Parai selalu ramai didatangi wisatawan karena pantai itu sudah dikelola secara profesional.

Daya tarik Pantai Parai Tenggiri yang dapat dijangkau dengan perjalanan selama 30 menit dari Pangkalpinang ini dulunya bernama Pantai Ha Kok. Namun kemudian nama ini diubah oleh Presiden Soekarno yang kala itu diasingkan di Bangka oleh Belanda. Di pantai berpasir putih itu para wisatawan dapat melakukan berbagai macam olah raga air. Bagi yang gemar menyelam, pantai tersebut juga menyediakan taman laut yang kedalamannya hanya sekitar 1,5 meter, selain kelandaiannya dan pasir pantainya yang sangat halus, juga karena hadirnya beberapa formasi batu karang yang besar-besar sehingga pelancong sering menjadikan permukaan batu yang datar untuk bergaya saat dipotret. Sering pula pelancong sengaja duduk-duduk santai di atas batu karang itu untuk memperhatikan Laut China Selatan yang kadang teduh dan kadang berombak kecil.

Jika malam hari, pengunjung bisa leluasa menyaksikan lautan lepas yang diwarnai cahaya dari kapal-kapal pengisap bahan timah. Sambil menikmati suasana pantai yang nyaman, pengunjung juga bisa mencicipi makanan kecil seperti pisang goreng keju, ubi goreng keju, kolak labu merah, atau meneguk minuman hangat dari restoran Hotel Parai, hotel berbintang empat, yang berdiri tak berapa jauh dari Pantai Parai.

Hampir di setiap akhir pekan, beragam acara menarik digelar di pinggiran Pantai Parai. Salah satu atraksi wisata bahari yang banyak disukai pengunjung adalah permainan Banana Boating dan Parasailing.

Selain terkenal dengan peninggalan sejarah dan tempat-tempat wisata, Pulau Bangka juga kondang dengan berbagai macam hidangannya yang serba ikan. Yang paling terkenal di sana adalah kerupuk kemplang, otak-otak, dan empek-empek. Nah, penganan inilah yang biasanya tak lupa dibawa pulang para wisatawan sebagai oleh-oleh.

sumber : google

alasan saya mempostingkan tulisan ini karena saya sangat kagum pada keindahan wisata yang ada di pulau bangka selain bersih tempat wisatanya sangat nyaman dan terawat. salah satunya juga mungkin karena saya adalah orang bangka, walaupun saya tidak terlahir di bangka tapi kedua orang tua saya asli orang bangka.

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: